Dokter Selamatkan Nyawa Pria Dengan Mengeluarkan 13 Kg Kotoran dari Ususnya

Posted on

Sebuah gambar aneh menunjukkan foto seorang dokter ahli bedah sedang memegang sebagian besar usus manusia seberat 13 kg yang berisi kotoran manusia setelah sebuah tindakan operasi baru-baru ini. Menurut laman Metro, Selasa 13 Juni 2017, pasien berumur 22 tahun dari China mengalami kondisi langka yang membuat kotoran bertumpuk didalam ususnya sehingga membuat ususnya membesar.

Organ tubuhnya membengkak menjadi berukuran sangat besar. Membuat pria itu kelihatan seperti orang hamil sembilan bulan. Akhirnya dokter melakukan operasi untuk mengeluarkan ususnya sepanjang 76 cm sebelum dokter itu berpose dengan usus ukuran besar tersebut.

Dokter ahli bedah pun kaget dengan apa yang telah mereka temukan. Dokter Yin Lu dari Rumah Sakit Rakyat Shanghai berkata, “Sepertinya usus ini dapat meledak setiap saat.”

Tes yang dilakukan dokter ahli bedah menegaskan jika kotoran tersebut terperangkap di dalam tubuh pria itu mungkin selama bertahun-tahun. Pria itu diyakini lahir dengan penyakit Hirschprung, sehingga membuatnya tidak mempunyai saraf di beberapa otot usus besarnya.

Sebelum operasi, pria itu harus mengandalkan obat pencahar dan obat sembelit lainnya agar dia dapat buang air besar. Dia terpaksa melakukan operasi karena sudah lama merasa tak nyaman dengan kondisinya.

Sesudah menjalani operasi selama tiga jam, bagian usus sepanjang 76 cm dan seberat 13 kg itu akhirnya dapat dilepas dari tubuhnya. Sampai saat ini kondisi pasien stabil dan diharapkan dapat segera sembuh total.