6 Rahasia Supaya Kue Kering Tahan Lama dan Bebas Jamur

Posted on

Perayaan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri biasanya juga dipakai sebagai momen untuk berkumpul serta bersilaturahmi dengan sanak saudara ataupun sahabat. Dan pada momen tersebut biasanya kue kering disajikan dan juga sebagai hantaran ketika berkunjung ke rumah sanak saudara ataupun sahabat tadi.

Nah biasanya saat momen-momen Idul Fitri ini banyak stok kue kering ytang tidak termakan. Supaya kue kering tahan lama serta bebas jamur sehingga aman dikonsumsi, maka membutuhkan teknik khusus untuk menyimpannya. Simak tips serta trik menyimpan kue kering yang benar dikutip dari laman Rumah.com berikut ini.

#1. Dinginkan Kue Terlebih Dahulu

Sebelum dimasukkan ke dalam toples atau kotak kue, kue kering yang baru saja matang harus didiamkan dan biarkan sampai dingin terlebih dahulu . Sebabnya, kue kering yang masih panas masih mengandung uap air sehingga akan membuat kue menjadi lembap.

Jika Anda ingin menyimpannya dengan cara menyusunnya secara vertikal, berikan potongan kertas roti di antara kue kering supaya terlihat lebih rapi dan terjaga dari benturan.

#2. Pisahkan Jenis Kue

Kue kering bisa dibedakan menjadi dua kelompok yaitu kue kering bertekstur lembut seperti kue nastar dan kue kering bertipe renyah. Simpanlah kue di tempat terpisah, pakailah toples kaca kedap udara untuk menyimpan kue kering renyah seperti kue semprong dan kue kuping gajah.

Sedangkan untuk kue kering lembut seperti kue kastengel dan kue nastar, masih boleh memakai wadah dari bahan plastik. Isilah wadah hingga hampir penuh.

#3. Wadah Kue dalam Keadaan Bersih

Pastikan tempat atau wadah penyimpanan kue dalam keadaan bersih serta terbebas dari sisa kue kering sebelumnya. Jika perlu cucilah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dan seka dengan kain lap sampai kering.