Mengenal Jenis Air Keras dan Bahayanya Untuk Manusia

Posted on

Air keras atau asam sulfat adalah larutan asam pekat serta cairan kimia yang berbahaya lho gaes. Kamu pasti sudah sering mendengar tentang air keras akhir-akhir ini kan? Tetapi, kamu sendiri tidak tahu dengan cairan kimia yang satu ini serta bahayanya untuk manusia? Penasaran kan pastinya, yuk kita baca ulasannya berikut.

Air keras bukanlah sekedar cairan kimia biasa. Cairan berbahaya ini juga sering dipakai sebagai senjata dalam tindak kriminalitas. Yang terbaru haitu serangan yang dialami oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan pada hari Selasa pagi, 11 April 2017. Yuk, kenali bahaya air keras supaya kita bisa lebih berhati-hati dan tidak bermain-main dengan cairan kimia yang satu ini!

Jenis Air Keras

Seperti yang sudah diutarakan di atas, Air keras adalah larutan asam kuat yang lumayan pekat. Air jenis ini dapat ditemukan pada larutan asam sulfat (H2SO4). Asam sulfat sendiri biasanya dipakai untuk menyalakan aki kendaraan bermotor.

Disamping itu, air keras juga terdapat pada asam klorida (HCL) yang biasa digunakan untuk membersihkan permukaan logam sebelum disoldir, menghilangkan karat serta kerak besi baja. Asam nitrat yang dipakai untuk menguji keaslian logam mulia serta proses pemurnian logam seperti emas, perak, dan platina pun termasuk dalam kategori air keras.

Sedangkan, air keras lain yang juga umum dipakai yaitu asam fosfat (H3PO4). Kamu tahu, asam fosfat ini biasanya digunakan untuk membuat garam fosfat lho gaes.

Bahaya Air Keras Bagi Tubuh

pixabay

Air keras memang mempunyai kegunaan. Tetapi bila terkena kulit manusia dapat menyebabkan hal yang sangat mengerikan. Serangan air keras sendiri dapat menyebabkan kematian. Jika pun selamat, biasanya si korban akan menanggung trauma fisik serta psikologis akibat kecacatan.

Jika larutan air keras terkena kulit, maka jaringan kulit akan meleleh serta menyebabkan tulang terlihat. Kalaupun lukanya agak dalam, tidak jarang kulit pun dapat hancur. Dan kalau mengenai mata, akan menimbulkan efek luka bakar, mata bengkak, nyeri, serta penglihatan menjadi kabur.

Tapi jangan salah ya gaes. Tidak hanya terkena kulit saja yang berbahaya, bahkan mencium air keras pun juga sama bahayanya. Jika air keras terhirup,maka  orang yang menghirupnya dapat mengalami keracunan, iritasi berat pada hidung serta tenggorokan, kerusakan mata, pernapasan, dan usus, bahkan bisa terjadi kematian. Gejala-gejalanya yaitu batuk napas sesak, serta dada seperti tertekan.

Bagaimana setelah tahu bahaya penyalah gunaan air keras, semoga kamu nggak main-main dengan cairan yang satu ini. Akibatnya fatal, bisa-bisa kamu akan menghadapi tuntutan hukum lho.