Lezatnya Makan Siang Anak-anak Sekolah Dari Berbagai Negara

Posted on

Setiap negara mempunyai standar tersendiri untuk menu makan di sekolah. Beberapa sekolah menawarkan makanan siap proses (convenience food) dan makanan ringan untuk makan siang, dan beberapa memasak set menu untuk siswanya. Makanan yang paling populer adalah kentang, beras, serta salad kubis. Ada juga susu daripada jus buah di sebagian besar sekolah. Penasaran kan apa saja makan siang anak-anak sekolah di berbagia negara? Simak berikut ini.

#1. Iran

Menurut hukum, Semua anak sampai dengan usia 14 tahun bisa mendapatkan secangkir susu, pistachio, buah segar, dan biskuit untuk makan siang di sekolah. Tetapi si ibu biasanya menyiapkan bekal untuk anak-anak mereka: termasuk beras, tomat, dan kebab kambing.

#2. Korea Selatan

Sistem perencanaan menu sekolah di Korea Selatan merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Dua bagian terbesar dari baki biasanya untuk sup dan nasi. Bagian-bagian yang lebih kecil adalah untuk salad, makanan laut, sayuran, dan buah. Anak yang kurus diberi minyak ikan dalam sendok pengukur. Hidangan populer antara lain: kimchi, daun wijen diisi dengan beras dan ditutupi dengan saus madu, sup kentang dan labu, pancake dengan bawang hijau, gurita tabur merica, serta salad mentimun dan wortel.

#3. Jepang

Sekolah Jepang mempunyai makan siang yang hampir sama dengan Korea Selatan yaitu: sup hangat, nasi, daging unggas atau ikan, salad, dan susu. Siswa tidak diperbolehkan untuk membawa makanan mereka sendiri ke sekolah sampai mereka mencapai SMA. Tidak ada mesin vending di kantin, dan siswa tidak makan di kantin. Mereka mengenakan serbet putih dan membawa kemasan makan siang ke kelas mereka, dan makan di meja.

#4. Inggris

School dinners rock! #food #backtowork #schooldinners

A post shared by Suzy (@suzaie78) on

Goreng kentang, wortel, bubur beras, salad, buah, dan wafel Belgia dengan cokelat. Banyak sekolah yang dibatasi oleh anggaran, dan, oleh karena itu, siswa ditawari makanan cepat saji sangat sering. Tetapi anak-anak menyukainya. Dan ini juga murah.

#5. Amerika Serikat

I had #schoollunch at Athlos Academy of Utah today! #teamathlos

A post shared by Tabitha Talbot (@tabbytalbot) on

Ini adalah bagaimana makan siang sekolah nampak di Utah. Buah persik, jagung, ayam, dan sup. Hidangan sangat berbeda di sekolah-sekolah Amerika. Sebagian besar adalah makanan cepat saji dan makanan siap proses (convenience food) yang mana anak-anak sangat suka seperti: nugget, kentang goreng, pizza. Orang tua juga memberikan anak kotak makan siang untuk bekal ke sekolah.

#6. Turki

Ini adalah makan siang yang disiapkan di rumah untuk siswa. Roti hitam, kenari, anggur, apel, delima, dan kefir. Ini makanan yang membantu meningkatkan kecerdasan otak.