7 Makanan Untuk Mengurangi Rasa Pedas Setelah Makan

Posted on

Makan makanan pedas memang selalu mempunyai sensasi tersediri, khususnya untuk orang Indonesia seperti kita. Rasanya ada yang kurang kalau kita makan tidak pakai sambel, saos, ataupun cabe. Untuk penggemar pedas, makan makanan pedas ternyata dapat meningkatkan nafsu makan kita. Semakin pedas, semakin kita banyak makan. Tetapi untuk mereka yang tidak suka pedas, sekali makan sambal pasti sudah bercucuran air mata. Terus bagaimana sih cara ngilangin rasa pedas? Berikut ini jenis makanan serta minuman yang harus kamu makan dan minum untuk menghilangkan rasa pedas.

#1. Nasi atau roti

Pas lagi kepedasan, kamu dapat juga menghilangkannya menggunakan beberapa sendok nasi atau memakan roti. Karena di kedua makanan tersebut mengandung glukosa alias gula yang dapat melawan senyawa capsaicinoid (senyawa pedas) yang terkandung di dalam cabe.

#2. Susu

Susu memang sudah terkenal banget dapat menghilangkan rasa pedas. Sebabnya kandungan lemak yang terdapat pada susu dapat menetralisir rasa pedas yang kamu rasain. Disamping susu, yogurt serta keju juga dapat mengurangi rasa pedas.

#3. Air hangat / teh hangat

Kelihatannya tidak masuk akal. Memang sih sesudah minum air atau teh hangat lidah rasanya kayak kebakar. Tetapi ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengurangi rasa pedas. Karena ketika kita makan makanan pedas, suplai oksigen yang ada pada pembuluh darah yang ada di mukosa akan terhambat. Nah, dengan kamu meminum air atau teh hangat, dapat melancarkan lagi saluran oksigen yang terdapat di pembuluh darah di mukosa. Rasa pedasnya langsung hilang deh.

#4. Kacang

Makan kacang juga dapat menghilangkan rasa pedas di mulut. Sebabnya kandungan lemak yang terdapat pada kacang dapat menetralisir rasa pedas. Kalo kamu tidak mempunyai biji kacang, bisa menggantinya dengan selai kacang.

#5. Air gula

Air gula dapat menghilangkan rasa pedas? Benar sekali sob. Sebabnya, gula itu dapat menyerap rasa pedas yang kita rasakan. Jadi jika kita kepedasan, tinggal meminum air gula ataupun minuman lain yang mengandung gula.

#6. Jus buah

Sesudah enak- enak makan pedas, kadang kita akan merasa pusing. Kenapa? Karena ketika kita makan pedas, kita pasti menjadi berkeringat dan dapat menyebabkan dehidrasi. Untuk mengatasi hal seperti itu, kamu dapat meminum jus buah. Disamping menyegarkan badan serta lidah, jus buah dapat meredakan rasa pedas yang terjadi mulut kamu, dan jus buah juga dapat menghilangkan rasa pusing akibat makan makanan pedas.

#7. Lemon

Lemon juga dapat menghilangkan rasa pedas yang kita rasakan. Sebabnya di dalam lemon mempunyai kandungan asam yang dapat menetralisir rasa pedas dan dipercaya juga dapat mendinginkan rasa terbakar pada mulut.