Wow! Ternyata Kentut Mempunyai Manfaat Kesehatan Yang Luar Biasa

Posted on

Semua orang pasti akan kentut. Itu adalah hal yang alami tak dapat dihindari. Bahkan para selebriti terseksi dan tercantik serta terganteng di dunia pun pasti kentut.

Ada hal unik dari kentut. Gas yang keluar dari dalam perut tersebut mengandung hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh sistem pencernaan. Bau yang tidak sedap tersebut terkadang menjadi momok untuk sebagian orang. Tetapi tahukah Kamu, kalau ternyata kentut merupakan hal yang sangat menyehatkan. Banyak hal bermanfaat yang bisa kita dapatkan dari kentut, lengkap dengan bau busuknya yang mengganggu itu. 😀

Apa saja manfaat kentut untuk kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini.

#1. Dapat mengusir kembung

Gas di dalam perut yang belum dikeluarkan akan bisa menyebabkan kembung serta tidak nyaman. Perut akan terasa berat serta kenyamanan ketika duduk, berbaring, bahkan berdiri akan terganggu.

Tenang saja, kentut bisa menyembuhkan hal itu. Sedapat mungkin Kamu harus kentut agar rasa kembung di bagian perut bisa hilang.

#2. Bisa mendeteksi penyakit

Untuk beberapa kasus, bau busuk yang diakibatkan oleh kentut bisa mendeteksi apakah seseorang mempunyai penyakit serius atau tidak.

Jika bau kentut jauh lebih busuk dalam kurun waktu berhari-hari dalam sebulan, maka kemungkinan itumerupakan indikasi jika ada penyakit di dalam tubuh. Biasanya terjadi salah makan ataupun masalah yang lebih serius, seperti kanker usus besar!

#3. Gas kentut bisa mencegah kanker

Bau yang timbul dari kentut memiliki dampak buruk untuk kesehatan jika terhirup dalam jumlah besar. Tapi, ketika terhirup dalam jumlah kecil malah bisa mencegah masalah kesehatan tertentu.

Dalam gas kentut, mengandung zat bernama hydrogen sulfide yang diproduksi oleh bakteri ketika mencerna makanan didalam usus. Dalam jumlah sedikit zat ini membantu melindungi sel serta mencegah penyakit, menurut peneliti di Exeter University.

Peneliti sudah menemukan zat baru bernama AP39 yang dapat membantu tubuh memproduksi hydrogen sulfida dalam jumlah yang sesuai. Mereka percaya bahwa ini akan membantu menjaga kerusakan mitokondria yang merupakan strategi kunci untuk mencegah penyakit serius seperti diabetes, stroke, dementia, gagal jantung, serta arthritis.

#4. Mencegah masalah pencernaan dan usus besar

Jika Kamu mau mempunyai pencernaan sehat dan usus yang bebas dari penyakit, sebaiknya jangan menahan kentut. Sebabnya, gas tersebut akan kembali naik ke atas dan berdamapk buruk untuk pencernaan, khususnya usus besar.

Ibaratnya begini Kamu mempunyai sekantong sampah di dapur. Apa yang harus Kamu lakukan, tentu saja membuangnya, bukan? Jika dibiarkan tetap di dapur maka tentu saja akan mengganggu penghuni rumah yang lain.

#5. Mood booster

Memang belum ada penelitian khusus, tetapi setelah kentut Kamu akan merasa lega, suasana hati akan langsung berubah ceria serta mood menjadi baik. Benar kan?