6 Makanan Ngak Biasa Yang Cuma Ada di Indonesia

Posted on

4. Rujak Cingur Kerbau/Sapi

 

Mungkin kamu-kamu sudah ada yang tahu makanan khas Jawa Timur ini. Rujak cingur merupakan makanan yang bahan utamanya cingur (daging yang diambil dari hidung dan mulut sapi). Makanan ini adalah makanan khas kota Surabaya dan biasanya disantap memakai sambal petis serta kacang tanah. Meskipun kesannya enek, ternyata justru banyak yang menggemari makanan ini! Untuk kamu yang penasaran dengan rasanya, tak ada salahnya sekali-kali mencoba makanan ini.

5. Belalang Goreng

Di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta, banyak ditemukan jajanan-jajanan aneh, satu diantaranya yaitu walang goreng atau belalang goreng yang digoreng garing dan dikemas dalam wadah plastik. Makanan ini banyak dijual di warung serta beberapa tempat wisata. Bagi yang pernah mengkonsumsinya sih mengatakan kalau belalang goreng ini mempunyai rasa gurih. Tetapi, ada juga yang timbul alergi sehabis menyantapnya. Lain kali kalau pas ke Gunung Kidul jangan lupa mencoba kuliner ini gaes.

6. Sate Kere

Zaman dahulu, sate daging merupakan kuliner mewah yang hanya dapat disantap oleh kaum bangsawan. Sehingga, rakyat biasa tidak dapat menikmatinya. Untuk mengakalinya, masyarakat miskin ini membuat sate yang bahan utamanya dari bahan dasar tempe gembus dan kikil yang dinamakan sate kere. Sate kere ini banyak ditemukan di daerah Solo, Jawa Tengah. Jangan lupa mencobanya kalau pas mampir di kota Solo.