Jangan Terlalu Stres Nanti 5 Penyakit Ini Akan Muncul

Posted on

Fakta menunjukan jika stres tak sekedar masalah pikiran serta psikologis saja, stres bisa juga memicu masalah pada fisik. Semakin besar stres yang Kamu hadapi, semakin besar pula kemungkinan persoalan fisik yang muncul.

Dibawah ini adalah beberapa masalah kesehatan yang bisa jadi merupakan efek samping dari stres berat yang Kamu hadapi.

1. Kerontokan rambut

Rambut mengalami kerontokan sekitar 50 – 100 helai per hari. Tetapi jika seseorang sedang stres berat, maka jumlah rambut yang rontok bisa lebih banyak 3-4 kali lipat. Untuk mengatasi persoalan ini, pastikan asupandie yang seimbang seperti ikan salmon yang banyak mengandung protein, vitamin D, serta asam lemak omega-3. Walnut dan biji-bijian juga bagus untuk mengatsi kerontokan rambut.

2. Libido menurun

Peneliti mengungkapkan jika hormon stres, cortisol, dapat membuat libido turun atau hasrat seksual pada wanita. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan olahraga agar aliran darah pada organ intim meningkat dan libido kembali normal. Cara yang lain dengan mengatasi stres yang Kamu derita.

3. Kulit rusak

Ketika mengalami stres, tubuh otomatis akan melepaskan hormon-hormon seperti cortisol yang dapat meningkatkan jumlah produksi minyak tubuh. Hal ini dapat memicu masalah pada kulit seperti eczema. Pada kondisi stres berat disarankan untuk memberi perhatian pada perawatan kulit Kamu karena kulit menjadi lebih sensitif terhadap kosmetik.

4. Lupa alias pikun

Saat stres, seseorang dapat kehilangan konsentrasi serta mudah pikun. Ini terjadi karena hormon stres, cortisol, menurunkan kinerja otak pre-frontal cortex yang terkait dengan penyimpanan memori jangka pendek. Kondisi stres berat juga dapat menjadi penyebab kepikunan dalam jangka panjang dan mengganggu proses penyimpanan informasi pada otak Kamu.

5. Otot terasa nyeri

Sekilas stres tidak berkaitan dengan nyeri otot. Ini hal yang salah. Stres dapat meningkatkan tekanan otot serta memicu nyeri pada otot-otot tubuh Anda. Kondisi stres berat dapat memicu rasa sakit di pundak, punggung, leher, dan bahkan di rahang.

Jadi itulah beberapa masalah kesehatan yang bisa menjangkiti diriimu saat sedang stres. Jangan meremehkan stres karena jika tidak segera diobati, stres dapat memicu persoalan kesehatan lainnya. Dalam jangka panjang, bahkan tidak mungkin stres juga dapat menyebabkan persoalan kesehatan yang lebih serius.