Inilah 5 Pertanyaan Kesehatan Paling Banyak di Googling Tahun 2016

Posted on

Kesehatan merupakan hal penting dan utama untuk mensupport kelangsungan hidup manusia. Jika manusia tidak mempunyai tubuh yang sehat, maka dipastikan akan kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jika kamu tidak menjaga kesehatanmu, besar pula ratio kamu tidak mempunyai umur yang panjang.

Di masyarakat awam, pengetahuan tentang kesehatan bisa dikatakan sedikit. lalu banyak yang mencari sendiri jawabannya dengan bertanya ke Google.

Dikutip dari medicaldaily.com, 5 pertanyaan ini adalah yang paling sering dicari atau ditanyakan di Google sepanjang tahun 2016.

1.Apakah normal ketika seseorang berbicara pada diri sendiri?

Apakah dirimu termasuk orang yang tanpa sebab sering mengajak omong dirimu sendiri? Jika jawabanmu ya, kamu tidak usah malu meskipun banyak orang akan menganggap dirimu gila. Karena ternyata ngomong dengan diri sendiri merupakan hal yang normal.

“Ketika dalam fase kanak-kanak, para anak kecil sering melakukan hal itu. Ternyata berbicara pada diri sendiri pada masa itu merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan verbal. Sementara ketika orang dewasa berbicara pada dirinya sendiri, tindakan ini bermanfaat untuk memecahkan situasi yang sulit,” kata penelitian tersebut. “Berbicara pada diri sendiri baru menjadi hal yang negatif jika dibarengi dengan penyakit mental lain atau berisi komentar negatif tentang dirimu sendiri.”

2.Apakah hal yang normal rambut mengalami kerontokan?

Rambut rontok merupakan sesuatu hal yang normal. Menurut Mayo Clinic, rambut dapat rontok antara 50-100 helai per harinya jadi kamu tidak usah khawatir tentang hal ini.

“Kamu baru perlu untuk khawatir jika kerontokan ini berlangsung terus-menerus dan membuatmu botak atau terdapat iritasi pada kulit kepala. Jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter sebab bisa jadi kerontokan yang kamu derita merupakan gejala awal dari munculnya suatu penyakit.”

3.Apakah normal jika saya BAB, kencing, atau sering berkeringat berlebih?

Buang air besar, kencing, dan keringat adalah mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan semua limbah atau racun. Ngomongin tentang kotoran, saban harinya setiap orang rata-rata akan BAB sekali dalam 1 hari tetapi itu tergantung dari pola makan serta pola hidup yang dia lakukan. Tetapi jika tekstur kotoran mengalami perubahan warna atau bentuk dan frekuensi BAB lebih dari 3 kali dalam sehari, kamu harus curiga. Hal sama juga berlaku dengan air kencing yang dikeluarkan.

“Sementara jika kamu berkeringat secara berlebihan atau hiperhidrosis, kamu harus memeriksakan kondisi kesehatanmu ke dokter.”

4.Apakah normal jika payudara terasa sakit?

Kanker payudara merupakan momok nomor satu dalam dunia kesehatan wanita. Oleh karenanya deteksi secara dini harus dilakukan untuk mengetahui potensi kanker payudara yang bisa menyerang. Termasuk salah satunya mewaspadai nyeri payudara yang terjadi.

“Merupakan hal yang normal jika payudara terasa nyeri atau sakit. Terutama jika mendekati PMS karena terjadinya perubahan hormonal. Kamu juga dapat mengalami sakit payudara dikarenakan otot yang bekerja terlalu keras di bawah payudara atau mengenakan ukuran bra yang salah.”

5.Apakah normal jika jantung kita terasa nyeri?

Jantung yang terasa nyeri atau sakit tergantung dari jenis rasa sakitnya. Jika daerah sekitar jantung sakit dan disertau dengan rasa panas atau mulas yang naik ke kerongkongan, maka hal ini kemungkinana tanda dari penyakit gastroesophageal reflux.

“Kemudian jika rasa sakit seperti tertekan atau diremas dalam waktu lama dan timbul tenggelam, bisa jadi ini adalah serangan asma. Oleh karena itu perhatikan terlebih dahulu rasa sakit yang kamu alami.”